Go to content

Main menu:

Proses Direct Thermal dan Transfer Thermal

Published by in Post ·
Tags: BarcodePrinter

Dalam proses mencetak, printer barcode tentunya membutuhkan Label sebagai objek print, dalam ukuran dan jenis yang berbeda beda dengan kualitas yang bervariasi pula. selain Label kita juga membutuhkan ribbon sebagai tintanya (berupa gulungan pita) terkecuali Label dengan bahan Thermal, karena Label Thermal bekerja menyesuaikan panas yang diterimanya, proses tersebut disebut dengan Direct Thermal.



Barcode Printer Image


Apakah maksud metode Direct Thermal dan Transfer Thermal ??

Pada umumnya sebuah printer barcode memiliki dua metode dalam proses mencetak, yaitu:

Direct Thermal : Proses direct atau langsung pada metode ini adalah suatu proses dimana sumber panas yang dihasilkan oleh sensor pada head printer membentuk suatu pola gambar tertentu pada kertas thermal, yaitu kertas yang di desain khusus terhadap reaksi panas ( Baca juga postingan tentang Label Thermal )

proses ini berarti tidak perlu menggunakan ribbon (pita/pewarna untuk mencetak). media yang digunakan adalah kertas Thermal, dan pada prosesnya printer barcode menggunakan head atau sensor pemanasnya untuk mencetak media Thermal tersebut yang bisa berupa kertas/stiker thermal, dan kelebihan dengan metode direct thermal kita bisa mencetak lebih cepat dengan hasil tampilan cetak yang tajam, bila dibandingkan dengan metode thermal transfer


Thermal Transfer: proses Thermal Transfer pada printer barcode adalah suatu proses memindahkan atau melekatkan ribbon pada media label barcode dengan cara kerja Head sensor pada printer memberikan suhu panas tertentu pada media ribbon sehingga ribbon akan melekat pada media label dan membentuk suatu tulisan, pola maupun gambar

Pada metode thermal transfer memang dibutuhkan Ribbon untuk menghasilkan cetakan atau memberikan warna pada stiker, tetapi proses ini lebih banyak dipakai untuk produksi cetak dalam skala besar, karena hasil cetak lebih awet dan juga mengurangi kerja pemanas pada Printer Barcode sehingga menjadikan printer lebih panjang umurnya dan lebih hemat bila dibandingkan dengan menggunakan bahan Thermal yang relatif lebih mahal.


Dan untuk konsumen yang baru akan menggunakan printer barcode alangkah baiknya apabila kita memperhatikan kemampuan printer barcode yang akan kita beli dengan kebutuhan kita ( Baca juga "Tips sebelum membeli Printer Barcode" )

Demikian artikel ini dibuat supaya bisa membantu Konsumen dalam pengetahuan tentang Barcoding. sekian, semoga bermanfaat dan Terima Kasih!





Tag;
Barcode printer,
Printer Direct Thermal,
Jual Barcode Printer,
Direct Thermal,
Transfer Thermal,
Apakah Barcode Printer,
Printer Barcode,
Harga Barcode Printer









1 comment
Average Vote: 115.0/5
admin
2019-10-28 04:01:58
Masukan komentar, saran atau pertanyaan untuk artikel ini ya! Kami akan merespon sebisa dan secepat mungkin. Terima kasih

  search 


Copyright ©2019 superbarcode.com
Back to content | Back to main menu