Go to content

Main menu:

Istilah Face Out dan Face In pada printer

Published by in Post ·
Tags: FormatPrinter

Bila Anda akan memesan ribbon, biasanya Penjual akan menanyakan model printer apa yang digunakan, apakah model tersebut menggunakan format ribbon dengan posisi Coated Side Out (CSO), dikenal juga dengan istilah Face Out. atau menggunakan format Coated Side In (CSI) dengan istilah lain Face In

Hal tersebut lebih mengacu pada proses pencetakan dimana pita ribbon harus berpindah ke material label melalui printer (Proses Thermal Transfer) dan bagaimana mengetahui bagian dari sisi ribbon yang terdapat tinta.



Skema face out dan face in


Mengetahui posisi tinta pada sisi ribbon sangatlah penting karena proses mencetak tergantung pada sisi tinta yang bersentuhan langsung dengan label sehingga ketika panas dari printhead bekerja maka tinta ribbon akan mengasilkan cetakan yang baik pada label,

Tetapi apabila posisi tinta pada ribbon terbalik atau jenis ribbon berbeda dengan format printer maka yang terjadi adalah gambar tidak akan bisa tercetak dan ribbon akan merusak printhead pada printer Anda.

untuk mengetahui sisi lapisan yang terdapat tinta bisa kita ketahui dengan cara membuka bungkus ribbon sampai pada pita berwarna hitam, lalu Anda akan melihat sisi lapisan yang lebih mengkilap dan sisi lainnya yang terlihat agak buram, sisi yang buram merupakan sisi yang terdapat lapisan tinta/karbon, dimana sisi tersebut harus menghadap ke label.

  • Face Out atau Coated Side Out (CSO) atau posisi lapisan tinta pada ribbon terdapat diluar gulungan. ribbon face out lebih populer dan banyak digunakan oleh beberapa printer, seperti misalnya merek Zebra, Honeywell, Sato, Tsc, dll

  • Face In atau Coated Side In (CSI) atau posisi lapisan tinta pada ribbon terdapat didalam gulungan. ribbon face In banyak digunakan oleh beberapa merek printer, antara lain seperti merek Datamax, Citizen, Sato (beberapa tipe)


Mengetahui posisi lapisan yang terdapat tinta pada ribbon juga bisa kita ketahui dengan Trik dan tips berikut:

Gunakan selotip atau supaya lebih mudah kita bisa menyobek sedikit label yang tidak terpakai, lalu kita oleskan/tempel pada ribbon, kita coba dari satu sisi ke sisi lain sampai kita ketahui bagian mana yang terdapat lapisan tintanya, karena tinta tersebut akan menempel pada selotip yang kita oleskan tadi.

Dengan cara seperti tersebut diatas kita akan melihat sisi bagian mana yang harus kita gunakan pada printer dan kita juga bisa mengetahui apakah ribbon tersebut Face In atau Face Out.


Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat. bila ada komentar maupun saran silahkan masukan di kolom komentar






Tags ;
Printer Thermal transfer,
Format Ribbon,
Direct Thermal,
Printer Barcode,
Face in ribbon,
Face out ribbon,
Harga Barcode Printer,








No comments

  search 


Copyright ©2019 superbarcode.com
Back to content | Back to main menu